Produk Pertanian Kaltim Tarik Pengunjung Agri-Agro Festival

February 26, 2014 by  
Filed under Artikel

SAMARINDA – vivaborneo.com, Stand Pemprov Kaltim di Pameran Agribisnis dan Agroindustri  Festival yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)  28-30 November, dipadati pengunjung yang sangat tertarik dan penasaran dengan beras adan Nunukan dan papaya mini Balikpapan.Bahkan Menteri Koordinator Perekonomian RI, H. Hatta Rajasa dan Ketua Masyarakat Agribisnis dan Agroindustri  Indonesia (MAI) H. Fadel Muhammad sempat mencicipi beras  Adan Nunukan ini didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim, H. Ibrahim.

Stand Kaltim yang terdiri dari Dinas Kehutanan yang menampilkan perkembangan Hutan Tanaman Industri (HTI), Badan Ketahanan Pangan dan Hortikultura yang menampilkan kebun bibit deda dan pemanfaatan pekarangan, Dinas Kelautan dan Perikanan menampilkan potensi wisata bahari dan potensi rumput laut, Dinas Pertanian Tanaman Pangan menampilkan gerakan tanam singkong, Dinas Perkebunan yang menampilkan Kawasan Industri Maloy dan Dinas Peternakan menampilkan integrasi sapi-sawit dan budidaya sapi di ahan bekas tambang.

Selain itu ditampilkan juga sepuluh kawasan pengembangan ekonomi di Kaltim melalui Masterplan Percepatan Perluasan dan Pengembangan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dan peran serta swasta PT Pupuk Kaltim.

Kepala Dinas Pertanian Kaltim, H. Ibrahim menjelaskan dengan keikutsertaan Kaltim  pada pameran   Agribisnis dan Agroindustri  Festival  diharapkan potensi agrobisnis dan agroindustri di Kaltim dapat berkembang tidak saja dengan peran pemerintah tetapi juga dengan partisipasi pengusaha.

“Dengan Jambore Krida  Agribisnis dan Agroindustri Festival  yang dilaksanakan oleh Masyarakat Agrobisnis dan Agroindustri Indonesia ini  diharapkan masyarakat dapat melihat potensi-potensi pertanian dalam arti luas yang ada di Kaltim,” ujarnya.

Dalam Festival Agribisnis dan Agroindustri ini, tidak saja mengadakan pameran tetapi juga akan diadakan  business matching forum. Di forum ini diharapkan  akan terjadi ontrak produksi antara investor dan pelaku usaha agri-agro dari berbagai daerah

Ibrahim menjelaskan cakupan agribisnis dan agroindustri sangat luas tidak saja dalam bidang pertanian saja, namun bagaimana suatu daerah  dapat terintergrasi dengan potensi daerah lainnya.

“Dengan Jambore Krida  Agribisnis dan Agroindustri Festival  yang dilaksanakan oleh Masyarakat Agrobisnis dan Agroindustri Indonesia ini  diharapkan masyarakat dapat melihat potensi-potensi pertanian dalam arti luas yang ada di Kaltim,” ujarnya.

Sementara itu Fadel Muhammad memuji keikutsertaan Kaltim dalam Festival Agribisnis dan Agroindustri,  karena memiliki potensi pertanian yang begitu besar. Apalagi dari lima provinsi di Kalimantan, hanya Kaltim yang mewakili di pameran ini.

“Stand Kaltim luar biasa. Tidak saja lengkapnya materi yang ditampilkan tetapi informasi dan tata letaknya juga sangat bagus. Selamat, semoga banyak pengunjung,” puji Fadel. (vb/yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.