Ternak Sapi Dukung Agrowisata

December 7, 2013 by  
Filed under Peternakan

SANGATTA- vivaborneo.com, Kecamatan Rantau Pulung (Ranpul) terus melakukan berbagai pembenahan dan pembangunan perekonomian masyarakat. Setelah memperoleh bantuan bibit sapi dari pemkab Kutim, kecamatan itu ternyata ditetapkan menjadi salah satu kawasan untuk dikembangkan pusat ternak di Kutim.

“Bantuan ternak sapi yang diserahkan Pak Bupati beberapa waktu lalu, menambah semangat kami untuk bertekat menjadi kawasan pusat ternak di daerah ini, guna mendukung program agrowisata di kecamatan ini,” kata Camat Rantau Pulung, Poniso Suryo Renggono belum lama ini.

Diharapkan, dengan adanya ternak sapi yang dipusatkan di Ranatu Pulung, kecamatan yang digadang menjadi kecamatan agrowisata ini nantinya benar-benar terwujud dengan baik. Sehingga masyarkat jika ingin berwisata tidak jauh-jauh, namun cukup ke Rantau Pulung saja.

Selama ini, di wilayahnya sudah banyak dikunjungi sejumlah wisatawan lokal, seperti dari Sangatta dan Bontang. Terlebih ketika musim panen durian, banyak masyarakat yang berkunjung ingin membeli durian montong yang cukup banyak di wilayahnya.

Dijelaskan, dengan adanya bantuan ternak dari Pemkab Kutim beberapa waktu lalu, Rantau Pulung terus mengembangkannya dengan baik. Diharapkan, di wilayahnya benar-benar menjadi pusat ternak di Kutim, sehingga kebutuhan daging di daerah ini tidak mengalami kesulitan lagi di masa mendatang.

Meski selama ini sebagian warga sudah mengembangkan ternak sendiri, namun dengan adanya bantuan ternak dari pemerintah, petani ternak semakin bersemangat untuk mengembangkannya di masa mendatang. Bahkan tidak menutup kemungkinan, ternak di Rantau Pulung nanti bakal mampu memasok ke seluruh Kutim.

Seperti diketahui, Bupati Kutim Isran Noor ketika melakukan kunjungan kerja ke Rantau Pulung beberapa waktu lalu, menyerahkan bantuan ternak kepada petani ternak di wilayah tersebut. Bantuan sapi diterima secara simbolis Camat Rantau Pulung Poniso Suryo Renggono.

Sebelumnya, Kutim sendiri memperoleh bantuan sapi ternak dari pemerintah provinsi Kaltim sebanyak 400 ekor. Sapi itu dibagikan kepada 32 kelompok tani yang ada di 8 kecamatan, yakni Bengalon, Kaliorang, Sangatta, Rantau Pulung, Kaubun, Sangkulirang, Karangan dan Kecamatan Sandaran.

Bantuan bibit sapi ternak 400 ekor tersebut masing-masing 300 ekor pengadaannya merupakan subsidi Pemprov Kaltim untuk 24 kelompok tani, serta 100 ekor bibit sapi ternak kepada masyarakat diserahkan pada 8 kelompok tani. (vb/wr)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.