Misteri Geluten Terungkap, Waspadalah

November 13, 2014 by  
Filed under Headline

Sebenarnya apa sih gluten itu? Gluten adalah protein nabati yang terkandung di dalam beberapa jenis serealia atau biji-bijian seperti gandum, gandum durum, gandum hitam, jelai, dan haver. Teksturnya yang lengket dan elastis membuat gluten sering digunakan sebagai bahan campuran dalam mengolah berbagai makanan seperti roti-rotian, kue, biskuit, kraker, sereal gandum, mi, pasta, saus, dan produk kemasan tertentu.

Dibutuhkan kejelian, bak mata elang mengamati gerak-gerik mangsanya, dalam memeriksa bahan komposisi yang terkandung dalam suatu produk kemasan untuk mengetahui ada atau tidaknya gluten.

Selain pada daftar makanan di atas, gluten juga dapat terkandung pada makanan yang telah mengalami kontaminasi silang. Kontaminasi terjadi ketika makanan bebas gluten bersentuhan langsung dengan makanan yang mengandung gluten baik saat proses pengolahan atau jika menggunakan peralatan yang sama. Bersihkan terlebih dulu atau pisahkan peralatan jika tidak ingin terjadi kontaminasi silang.

Apakah manfaat menjalani diet bebas gluten? Diet bebas gluten adalah diet yang mengeliminasi protein nabati ini dari berbagai sumber dengan bertujuan untuk mengobati sekaligus mencegah penyakit celiac.

What’s celiac? Penyakit celiac terjadi karena sistem imunitas tubuh bereaksi terhadap gluten. Karena dianggap sebagai suatu ancaman, sistem imunitas menyerang lapisan usus halus.

Kerusakan pada lapisan usus halus tersebut menyebabkan penurunan fungsional sehingga daya serap gizi dari makanan juga ikut terganggu. Akibat dari malnutrisi berkepanjangan adalah osteoporosis, diabetes, penyakit tiroid, anemia, dan kanker usus.

Beberapa gejala yang dialami pengidap celiac akibat mengonsumsi gluten adalah diare, kembung, sembelit, nyeri tulang, dan ruam pada kulit.

Siapa yang disarankan untuk menjalankan diet bebas gluten? Menurut penelitian, sebanyak 1% orang dewasa di USA memiliki penyakit celiac sehingga mereka harus menerapkan diet ketat bebas gluten seumur hidupnya.

Untuk di Indonesia sendiri masih belum diketahui jelas seberapa banyak yang memiliki penyakit ini, tetapi regulasi pemberian label untuk produk kemasan bebas gluten sudah disusun oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan sebagai upaya preventif. Salut untuk BPOM Indonesia!

Bagaimana jika tidak memiliki penyakit celiac? Apakah perlu menjalankan diet bebas gluten? Selain celiac disease, terdapat juga Non-Celiac Gluten Sensitivity atau “Gluten Sensitive” yang katanya juga disebabkan oleh gluten.

Klaim untuk NCGS adalah kondisi dimana seseorang memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap gluten akibat pencernaannya yang tidak dapat bekerja dengan baik dalam memproses gluten.

Walau memiliki gejala yang mirip, mereka yang mengalami NCGS tidak dapat divonis mengidap penyakit celiac karena sistem imunitas tubuhnya tidak bereaksi menyerang usus halus dan saat dites klinis, hasilnya negatif untuk celiac.

NCGS sendiri masih diragukan karena cukup kontroversial. Peneliti masih belum mengetahui dengan jelas penyebab aslinya dan gangguan fungsional pencernaan seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS) tidak hanya bisa disebabkan oleh gluten saja.

Bagaimana kita mengetahui memiliki penyakit celiac atau tidak? Cara untuk mengetahui apakah seseorang memiliki penyakit celiac adalah dengan melakukan tes darah untuk mendeteksi antibodi yang berhubungan dengan respon imunitas tubuh terhadap gluten. Jika tes menyatakan positif, selanjutnya dilakukan biopsi untuk memastikan adanya peradangan pada lapisan usus kecil.

Conclusion Tidak perlu menjalani diet bebas gluten karena sedang trending atau sekedar ingin berat badan cepat turun. Kamu hanya perlu menghindari gluten jika memang memiliki penyakit celiac dan itupun harus dipastikan dengan uji klinis yang komprehensif.

Makanan kemasan yang bertulisan gluten-free bukan berarti produk tersebut sudah pasti makanan sehat karena seringkali kandungannya tidak berbeda dengan makanan kemasan biasa, bedanya cuma tidak mengandung gluten dan harganya selangit! Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semua. Sincerely, Your Nutrition Superhero. (https://id.she.yahoo.com/misteri-gluten-terungkap-162328754.html)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.