Populasi Ternak Sapi Capai 104 Ribu

December 7, 2013 by  
Filed under Peternakan

SAMARINDA – vivaborneo.com, Kepala Dinas Peternakan Kaltim   Dadang Sudarya mengatakan,  populasi dan pertumbuhan ternak sapi Kaltim hingga 2013 ini sudah mencapai 104.00 ekor dan  produksi daging sebesar 57.436 ton pada 2012 atau mengalami peningkatan sekitar 14,93 persen pertahun.

Peningkatan produksi daging ini didukung dengan melakukan pola perbaikan mutu genetik. Sehingga berat (bobot) sapi akan lebih tinggi dengan badan yang semakin besar maka produksi daging meningkat.

Selain itu, program penggemukan ternak sapi untuk peningkatan bobot produksi sapi terus dikembangkan. Termasuk VBC (village breeding centre/sentra perbibitan ternak pedesaan), sebab Kaltim dengan luasan wilayahnya memiliki potensi besar untuk pengembangan ternak.

Saat ini Dinas Peternakan terus memotivasi masyarakat khususnya petani di sekitar lokasi eks tambang batu bara untuk dapat mengembangkan integrasi ternak sapi dengan pemanfaatan kawasan eks lahan pertambangan.

“Sekarang ini yang sudah jalan integrasi sapi sawit atau pengembangan ternak sapi di lahan perkebunan sawit. Belum maksimal, sebab ditarget satu hektar dipelihara minimal tiga ekor sapi sementara perkebunan sawit sudah mencapai sejuta hektar,” jelasnya.

Sehingga, dalam pengembangan program integrasi sapi sawit ini apabila tercapai maka Kaltim mampu berproduksi sapi minimal 3 juta ekor untuk perkebunan sawit yang saat ini sudah terwujud sejuta hektar.

Apabila program integrasi sapi sawit ini terlaksana maka Kaltim merupakan salah satu daerah yang berkontribusi terbesar untuk produksi daging nasional di Indonesia. Bahkan, surplus atau swasembada daging sapi akan mapu diwujudkan secara nasional. (vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.