Tanaman Jelai Berpotensi jadi Pangan Alternatif

June 13, 2015 by  
Filed under Pertanian

VIVABORNEO.COM, Tanaman Jelai (Hordium vulgare) berpotensi menjadi bahan pangan alternatif selain beras, singkong dan jagung. Saat ini UPTD Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Kalimantan Timur sedang meneliti tanaman jenis padi-padian ini di beberapa karakter tanah.

“Kelak hasil penelitian tanaman jelai ini akan kita publikasikan. Saat ini tanaman jelai sudah di tanam di tanah persawahan, perbukitan dan dalam polibag untuk dilihat hasil produktivitasnya,” jelas Kepala UPTD Bapeltan, Syarfiddin, di kantornya, Senin (8/6).

Tanaman Jelai (Hordium vulgare) yang diap diperkenalkan sebagai pangan alternatif dari Kaltim

Tanaman jelai termasuk dalam kelompok padi-padian dengan inti buah sebanyak tiga ruang. Jika buah ini isinya bagus maka tiga ruang ini akan berisi butiran putih mirip beras namun lebih pendek dan gemuk berisi.

Menurutnya, selain tanaman jelai ini, Kaltim juga memiliki potensi pangan laternatif lainnya seperti talas berau, ubi jalar, garut, uwi atau kentang udara, bahkan jewawut serta sorgum dan gandum. Namun, pengembangan tanaman alternatif ini masih diteliti lebih mendalam sebelum diperkenalkan kepada masyarakat.

Dijelaskannya, tanaman jelai adalah pangan alternatif yang dikenal oleh masyarakat Kutai dan Dayak di Kaltim sebelum musim tanam padi panen. Sehingga tanaman jelai ini sangat membantu pangan keluarga petani ketika panen padi belum dimulai.

“Tanaman jelai ini rasanya mirip dengan beras bahkan cenderung lebih pulen, walaupun butiran intinya lebih kecil dari beras. Saat ini harga di pasaran untuk satu kilogram jelai dihargai 300 ribu rupiah karena minimnya sulitnya mendapatkannya di pasaran,” ujarnya.

Syardiffin berharap, kearifan lokal yang dimiliki oleh suku Kutai dan Dayak di Kaltim ini dapat menjadi komoditas pangan alternatif selain beras.

Tanaman jelai sudah dikembangkan oleh seorang petani di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Pengembangan secara luas belum dikenalkan karena selama ini jelai memiliki proses yang panjang untuk menjadi beras yang dapat diolah.

“Kita sedang meneliti bagaimana menghasilkan bibit yang unggul dan isi yang banyak serta pengeolahannya sampai menjadi beras jelai. Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat dikembangkan secara komersial,” harapnya.(vb/yul)

 

 

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Tanaman Jelai Berpotensi jadi Pangan Alternatif"

  1. Meiske on Tue, 18th Oct 2016 3:37 am 

    Saya mau minta tolong tanya kalau jual bibit pohon jelai?bisa di kirim?trims

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.