Peda KTNA IX Sebagai Ajang Tukar Informasi Pertanian

May 11, 2016 by  
Filed under Headline

 VIVABORNEO.COM, Pelaksanaan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) IX yang berlangsung di Desa Gunung Intan Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimtanan Timur, HM Mukmin Faisyal HP yang ditandai dengan pemukulan gong pada Rabu (11/5).Wakil Gubernur Kaltim didampingi oleh Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan SDM Kementerian Pertanian, Fathan A. Rasyid, Ketua KTNA Nasional, Winarno Tohir,  Ketua KTNA Kaltim, Haranto dan  Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar.

Wagub Mukmin Faisyal berharap acara ini dapat memicu semangat dan motivasi petani di Kaltim dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan petan, termasuk petambak dan pekebun, nelayan dan masyarakat di sekitar hutan, sehingga pada gilirannya akan dapat berkontribusi dalam perwujudan kemandirian pangan di Kaltim.

“Karena itu Peda KTNA IX 2016 ini sangat penting dan dapat dijadikan sebagai forum konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan yang diselenggarakan secara teratur dan berkelanjutan,” tegas Wagub Mukmin.

Acara yang dihadiri sekitar 1.650 peserta utama, pendamping dan peninjau ini berlangsung sejak tanggal 10 Mei hingga 14 Mei 2016 dengan berbagai agenda kegiatan.  Selain adanya pertemuan antar profesi bidang pertanian tanaman pangan, perikanan dan kelautan, perkebunan, kehutanan dan pelaku bisnis sektor  pertanian, juga dilakukan berbagai lomba hiburan seperti pentas kesenian.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan penghargaan Adhi Karya Tani Mandiri dari KTNA Pusat kepada tiga orang tokoh di Kaltim yang dianggap berjasa dalam perkembangan pertanian . Ketiga orang tersebut yaitu Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar,  Penasehat KTNA Kaltim Ronald Lolang dan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kota Samarinda, Ir. Marwansyah.

Panitia Peda KTNA IX menyiapkan hadiah utama berupa satu unit alat mesin panen padi otomatis (combain harvester) dengan nilai harga rattan juta rupiah. Selain itu panitia juga menyiapkan berbagai hadiah bagi kontngen dari kabupaten/kota yang memperoleh juara nantinya.

Ketua Panitia KTNA IX Penajam PaserUtara, Fuad Assadin mengatakan jumlah peserta Peda KTNA IX 2016 melebihi ekspektasi panitia yang sebelumnya hanya berjumlah sekitar 1.500an orang peserta.

“Namun, saat acara pembukaan jumlah peserta termasuk peninjau dan pendamping mencapai 1.650 orang yang menandakan antusias dan partisipasi dari 10 kabupaten/kota peserta sangat tinggi,” ujar Fuad Assadin.

Adapun jumlah peserta dari masing-masing kontingen, peserta terbanyak berasal dari tuan rumah yaitu Penajam PaserUtara dengan jumlah peserta, pendamping dan peninjau sebanyak 292 orang peserta.

Selain itu, kontingen dari Kabupaten Berau berjumlah 183 peserta, Kutai Timur 182 peserta, Bontang 33 peserta, Samarinda 85 peserta,Balikpapan 130 peserta,  Kutai Kartanegara 277 peserta, Kutai Barat sebanyak 105 peserta dan Kabupaten Mahakam Ulu sebanyak 60 orang peserta.(vb/yul)

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.