Bulan Mei, Harga Jual Biji Kakao Asal Mahulu Memuaskan

May 16, 2016 by  
Filed under Headline

LONG LUNUK BARU, VIVABORNEO.COM,  Memasuki musim panen pada bulan ini, banyak pekebun kakao di Kecamatan Long Pahangai Kabupaten Mahakam Ulu memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menjemur biji kakao.

Jenau Avun (50 Th) yang telah lima tahun belakangan menjadi pengepul biji kakao masyarakat di Kampung Long Lunuk Baru. (foto: RGD)

Jenau Avun (50 Th) yang telah lima tahun belakangan menjadi pengepul biji kakao masyarakat di Kampung Long Lunuk Baru mengatakan, dalam seminggu ini telah berhasil mengumpulkan sedikitnya 5 ton biji kakao.

“Saya keliling kampung masuk ke ladang-ladang masyarakat untuk membeli biji kakao dengan harga Rp26.000 perkilonya,” ujarnya saat diwawancarai vivaborneo.com, Rabu (11/5).

Jenau mengungkapkan ongkos angkut yang harus ia keluarkan untuk membawa biji kakao menuju ibukota kabupaten di Ujoh Bilang sebesar Rp12 juta untuk satu kali angkut dengan kapasitas 5 ton menggunakan perahu cepat (speedboat).

“Dari Ujoh Bilang sampai Samarinda menjadi tanggung jawab pengepul selanjutnya. Biji kakao tersebut saya jual dengan harga Rp30.000 per kilonya kepada pengepul di Samarinda Seberang yaitu Haji Rustam,” katanya.

Namun, dirinya menyayangkan menurunnya hasil produksi biji kakao karena berbagai faktor. Baik minimnya pengetahuan masyarakat untuk pemeliharaan ataupun serangan penyakit yang menyerang pohon kakao dan tidak ditangani dengan benar.

“Sebelumnya pernah mencapai 12 ton dalam seminggu, semoga kakao asal Mahulu dapat mencapai kejayaannya lagi,” imbuh Jenau. (VB/RDG/*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.