BI Kaltim Beri Pelatihan Kelembagaan bagi Peternak

January 30, 2017 by  
Filed under Peternakan

VIVABORNEO.COM, Petani dalam hal ini peternak kerap melupakan konsep pencatatan seperti motto yang berbunyi “Apa yang ditulis dikerjakan dan Apa yang Dilakukan di Tulis.”  Inilah pentingnya membuat program kerja dan pencatatan laporan kerja terutama pencatatan keuangan.Demikian yang ditekankan saat Pelatihan Penguatan Kelembagaan dan Pemberdayaan Kelompok Peternak yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur-Kalimantan Utara, di Desa Lubuk Sawah, Mugirejo Samarinda, Senin (30/1/2017).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur-Kalimantan Utara, Muhamad Nur mengatakan sebenarnya jika kelembagaan telah kuat maka kelompok akan lebih berdaya.

“Bank Indonesia memberikan pelatihan ini selama empat hari. Setelah itu peternak akan didampingi oleh narasumber pendamping selama satu bulan agar kegiatan ini dapat efektif,” ucap Muhamad Nur saat pembukaan.

 

Menurut Muhamad  Nur, kegiatan pelatihan bagi peternak di Lubuk Sawah Mugirejo ini terbilang cukup mudah karena banyak peternak yang memiliki sapi sendiri (self initiative).

Saat ini terdapat dua kelompok ternak di Desa Lubuk Sawah yang tergabung dalam Asosiasi Peternakk Sapi “Damarwulan” ini yaitu, KP Lubuk Makmur dan KP Tani Makmur dengan total ternak yang dimiliki sebanyak 150 ekor sapi.

“Bila dikelola secara professional, maka akan meningkatkan nilai ekonomis kegiatan peternak dan meningkatkan taraf hidup peternak. Selain daging, tentu ada juga kotoran dan urine ternak yang dapat diolah menjadi pupuk  untu tambahan  penghasilan bagi keluarga,” ujarnya.(vb/yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.