Mesin Inari Tawarkan Kemudahan Servis dan Suku Cadang

March 1, 2017 by  
Filed under Inovasi

PASER, VIVABORNEO.COM, Untuk mencapai swasembada pangan, Kalimantan Timur harus mengandalkan mesin-mesin pertanian sejak tanam padi hingga proses panen. salah satu mesin yang diperkenalkan kepada petani adalah mesin panen padi modern Combine Harvester merek InariAdalah PT Pura Barutama  yang berkantor di Kudus Jawa Tengah, pada Sabtu (25/2/2017) memperkenalkan mesin combine harvester merek Inari kepada petani di Desa Sebakung Makmur  Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser.

Kegiatan ini sekaligus menandai berlangsungnya panen raya di lahan padi sawah seluas 550 hektar, sehingga mesin ini dipinjamkan untuk membantu petani dalam mempercepat proses panen

Kepala pemasaran PT Pura Barutama/ Suraji mengatakan mesin panen modern ini mampu memanen padi di lahan seluas 1 hektar hanya dalam  waktu 1 jam. Bulir padi dari mesin langsung masuk  ke dalam karung penampungan sehingga sangat cepat dan praktis.

Suraji mengatakan aneka mesin pertanian padi produksi  PT. Pura Barutama ini sudah banyak digunakan oleh kabupaten di Kaltim,  diantaranya oleh Kabupaten Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara,  Kutai Timur dan Berau.

“Keunggulan mesin combine harvester Inari ini adalah tersedianya blower yang lebih besar, mudah dioperasikan, sesuai dengan kondisi tanah sawah di Kaltim serta layanan pembelian dan servis yang mudah. Kita telah membuka kantor di Samarinda dan Balikpapan utuk kemudahan serivs dan aneka layanan lainnya,” ujarnya.

Dijelaskannya Suraji, mesin merek Inari ini nantinya juga akan dibuat dengan transmisi otomatis untuk kenyamanan dan  kemudahan dalam pengoperasiannya.

PT Pura Barutama yang  beralamat di Jalan Raya Kudus-Pati Km.12 Kudus ini memiliki 11 divisi produk, terutama permesinan percetakan dan oofset. Berdiri tahun 1908, PT Pura Barutama telah memiliki puluhan kantor cabang penjualan di seluruh kota besar di Indonesia. Terbaru, PT Pura Barutama juga membuka kantor layanan di Samarinda dan Balikpapa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan,  Pertanian Pangan  dan Hortikultura Kaltim/  Ibrahim, MAP mengatakan Kaltim harus menggunakan mesin-mesin pertanian untuk mempercepat pencapaian swasembada pangan khususnya beras  di Kaltim.

“Dengan penggunaan mesin pertanian ini maka tugas petani semakin ringan, kerja semakin cepat. Petani akan dapat tanam padi sesuai dengan jadwal tanam dan ini dapat berimbas pada percepatan dan peningkatan produksi pangan,” ujar Ibrahim.(vb/yul)

 

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Mesin Inari Tawarkan Kemudahan Servis dan Suku Cadang"

  1. Usaha maju mamuju on Mon, 11th Sep 2017 1:39 am 

    Ada pelanggan saya punya mesin inari tapi dia kesulitan cari lahar duduknya no. 00639 lobang assnya 39 dan jarak antar baut 16 cm as ke as

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.