Bulog Kaltim Jamin Persediaan Pangan Cukup Untuk 7 Bulan

March 22, 2017 by  
Filed under Headline

VIVABORNEO.COM,  Badan Urusan Logistik (Bulog) Kalimantan Timur menyatakan persediaan pangan untuk masyarakat Kaltim cukup untuk 7 bulan kedepan. Artinya gudang-gudang Bulog yang ada di Kaltim saat ini mampu  untuk menjamin ketersediaan pangan selama 7 bulan kedepan dengan asumsi penyaluran untuk golongan anggaran pemenuhan kebutuhan pangan.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Regional Bulog Kaltim, Yayan Supayan, saat mengadakan survey gabah petani di desa Sebakung Jaya, Kecamatan Babulu, Kebupaten Penajam Paser Utara (PPU) didampingi Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Penyuluh Lapangan Surito, Danramil Babulu Kapten Laety mewakili Kodim 0913 PPU serta para Mitra Bulog pada Selasa, (21/3/17).

“Yang perlu diketahui dari Divre Bulog Kaltim bahwa gudang Bulog Kaltim itu juga ada di wilayah PPU. Bulog Kaltim saat ini telah menyerap beras setara dengan 250  ton, dan jumlah tersebut adalah lebih baik saat ini dibanding tahun lalu,” terang Yayan.

Dijelaskannya, relisasi melalui serapan ini lanjut Yayan, berkaitan dengan pengadaan gabah atau beras, yang menjadi landasan untuk penyerapan gabah beras yang tidak lepas dari ketentuan yang sudah ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sesuai Inpres Nomor 5 Tahun 2015, ujar Yayan yang dimaksud dengan gabah kering giling adalah  gabah yang diserap oleh Perum Bulog dengan ketentuan kadar air 14 persen, hampa-kotoran 3 persen, dengan harga Rp4.650,-per kilogram di gudang Bulog.

Ia menjelaskan, dalam Inpres itu disebutkan juga  untuk kualitas Gabah Kering Panen (GKP),  kadar airnya maksimal 25 persen, dengan hampa 10 persen, dan harganya Rp 3.700,- ditingkat petani.

“Sedangkan pemerintah menetapkan HPP bukan sekedar menetapkan angka begitu saja tapi sudah melalui kajian dan perhitungan, jadi harga itu adalah Rp 3.700,-perkilogram, sehingga dilaksanakan diskusi untuk mencari kesepahaman apakah terus menetapkan harga Rp 4650 perkilogram atau seperti pada inpres Nomor 5 Tahun 2015,” ucapnya. (vb/yul/is)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.