KPHP Kendilo dan KTH Alas Taka kembali Panen Jagung.

May 1, 2018 by  
Filed under Headline

VIVABORNEO.COM, Tana Paser.  Panen raya jagung  di lokasi kemitraan agroforestry Kawasan Pengelolaan Hutan Produksi  (KPHP)  Kendilo merupakan salah satu bukti keberhasilan pengelolaan bersama masyarakat sekitar hutan.

“Panen jagung seluas 50 hektar semata-mata untuk mempercepat ekonomi masyarakat khususnya KTH Alas Taka, kita harus berfikir cepat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,”  jelas Muhammad Hijrafi Kepala Seksi Perlindungan, KSDAE dan Pemberdayaan Masyarakat KPHP Kendilo.

Lanjut Hujrafi, pemilihan tanaman jagung pada pola agroforestry ini untuk memberikan manfaat jangka pendek bagi meningkatkan ekonomi masyarakat.

Masih menurutnya Hijrafi,  bila menunggu tanaman jangka menengah maupun jangka panjang seperti tanaman buah dan kayu-kayuan, maka pendapatan ekonomi masyarakat perlu ditopang dengan pendapatan jangka pendek baik padi maupun jagung.

Keberhasilan panen jagung dan pengelolaan kawasan ini tidak luput dari peran penting masyarakat yang memang memiliki semangat untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup mereka.

Selain itu,  peran KPHP yang selalu memberikan dorongan dan pendampingan secara berkelanjutan serta fasilitasi BPHP XI Samarinda selaku kepanjangan tangan dari Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

“Ketika masyarakat sekitar hutan telah mendapatkan kesejahteraannya, maka tujuan pembentukan  KPHP Mandiri dan hutan lestari akan terwujud,” ujar Hijrafi.(vb/ya)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.