Dishut Kaltim Telah Distribusikan 172 Ribu Bibit Pohon

December 8, 2013 by  
Filed under Headline

SAMARINDA – Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim selama tahun 2013 telah mendistribusikan bibit pohon sebanyak 172.000 batang ke 14 kabupaten/kota kecuali Kabupaten Kutai Barat.

“Bibit-bibit pohon tersebut berasal dari APBD 2013 sebanyak 150.000 batang dan sisa stok bibit tahun 2012 sebanyak 22 ribu,” jelas Kepala Bidang Pembinaan Perlindungan Hutan Dishut Kaltim, Sutrisno Hardadi di Samarinda (6/12).

Dijelaskannya, didalam pendistribusikan bibit tersebut ada jenis pohon tanaman kayu, buah-buahan dan tanaman perkebunan yang disebarkan melalui Dinas Kehutanan kabupaten/kota setempat.

Bibit-bibit pohon ini diberikan kepada kabupaten/kota sesuai dengan permintaan masyarakat, sehingga manfaat dari bibit-bibit tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat atau keluarga petani.

“Masyarakat sering salah dalam meminta bantuan misalnya permintaan bibit karet, padahal tanaman karet bukanlah tanaman kehutanan melainkan tanaman perkebunan,” ujarnya.

Lanjut Sutrisno, tugas utama Dishut utama  adalah menjaga agar tidak terjadi degradasi hutan dan meminimalisasi tingkat kerusakan hutan (deforestrasi).

Jika masyarakat memiliki keinginan untuk meminta bibit pohon maka masyarakat dapat berkooordinasi  dengan Dinas Kehutanan setempat yang akan diteruskan ke Dinas Kehutanan Provinsi.

Sutrisno berharap agar bibit-bibit pohon yang ditanam akan memberi manfaat. Begitupun masyarakat  tidak hanya dapat meminta bibit tetapi juga dapat memberikan lokasi  tanamnya.

“Jadi masyarakat tidak perlu sungkan-sungkan jika memerlukan bibit pohon. Tetapi  juga harus memberikan data lokasi, sehingga akan dapat dipetakan untuk di monitor pertumbuhannya,” ujarnya. (vb/yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.