TPG Jalin Kerjasama dengan Stiper

December 22, 2013 by  
Filed under Perkebunan

SANGATTA-vivaborneo.com,  Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Teladan Prima Grup (TPG) yang membawahi sejumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kutim, menjalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pertanian (Stiper) Kutim. MoU (Memory of Understanding) ditandangani sesuai wisuda sarjana perguruan tinggi swasta di Kutim.

Dalam nota kesepahaman itu, pihak TPG bakal melakukan rekrutmen alumni Stiper untuk dipekerjakan di beberapa perusahaan yang ada di bawah naungan grup perusahaan sawit milik putra daerah asal Muara Bengkal tersebut.

“Program perekrutan tenaga kerja ini merupakan komitmet kami  untuk memberdayakan masyarakat Kutim. Kebetulan perusahaan kami berasal dari Kutim,” kata Tiffani Nelwan, perwakilan TPG pada prosesi penandatanaganan MoU dengan Stiper di Gedung Sera Guna (GSG).

Menurut Tiffani, melalui program ini pihaknya  memfasilitasi perekrutan tenaga kerja, untuk bekerja di perusahaan, yang sesuai spesifikasi yang dibutuhkan. Lulusan yang berhasil lolos seleksi akan diterima bekerja sebagai staf perusahaan. Jabatan ini menurut dia lebih tinggi dari mandor perkebunan. Dia menambahkan sebenanrnya TPG melalui beberapa anak perusahaannya telah melakukan program perekrutan tenaga kerja lulusan Stiper sejak beberapa tahun lalu.

Penandatanagan  MoU antara TPG dengan Stiper disaksikan Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman, Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman Achmad Syafei Sidik, Kepala Kopertis Wilayah XI Kalimantan Sipon Muladi, para dosen Stiper, pejabat lingkup Pemkab Kutim, civitas ademika Stiper, serta undangan lainnya.

Ketua Stiper Prof Juraemi mengatakan penandatanagan nota kesepahaman ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, khususnya mahasiswa Stiper. Selain dengan pihak TPG, Stiper juga melakukan MoU dengan Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Universitas Mulawarman, dan Politeknik Negeri Semarang.

“MoU dengan universitas dan politeknik tersebut merupakan kerjasama bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat,” sebut Juraemi.

Sedangkan MoU dengan Balai Taman Nasional Kutai (TNK) untuk kerjasama bidang pendidikan dan penelitian. Juraemi berharap, kerjasama yang dilakukan antara pihak Stiper dengan beberapa stakeholder ini bisa mendukung upaya pengembangan SDM. Berikutnya kerjasama dengan perusahaan perkebunan dapat memaksimalkan penyerapan dan pemberdayaan tenaga kerja lokal yang ada didaerah ini. (vb/kmf4)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.